Penyebab Terjadinya Penyakit Asma

11 Jul 2015

Tentang Kami Nani Herbal

Suplemen Kesehatan Herbal Alami - Penyebab asma belum diketahui secara pasti. Namun yang menjadi faktor pencetus asma diantaranya alergen, infeksi terutama pada saluran napas bagian atas, iritasi, cuaca, kegiatan jasmani dan psikis. Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengakakn karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Penderita asma harus menghindari penyebab asma. Misalnya menghindari tempat berdebu, tempat berasap, bulu binatang, serbuk sari bunga dan suhu udara yang dingin. Penderita asma juga harus selalu membawa obat asma, sehingga jika penyakitnya kambuh dapat segera diobati.

Dibawah ini ada beberapa penyebab asma akut

  • Serbuk sari yang berasal dari tanaman
  • Debu rumah, tungau, jamur, bulu pada hewan peliharaan dan juga bagian daru tubuh serangga
  • Makanan seperti jenis ikan, telur, serta kacang tanah dan susu sapi serta susu kedelai
  • Zat kimia yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan seperti karet, gas, dan juga logam.
  • Infeksi pada saluran napas yang diakibatjkan karena virus, penyakit bronkitis, dan penyakit sinusitis.
  • Penyakit GERD
  • Jenis obat-obatan tertentu yang bisa memicu serangan asma kambuh yakni seperti aspirin dan juga obat yang digunakan untuk membuat tekanan darah tinggi menurun dan untuk fuungsi jantung.
  • Asap rokok, untuk perokok pasif dan perokok aktif.
  • Asap kabut, perubahan yang terjadi [ada udara, akibat asap mesin diesel
  • Faktor di dalam rumah seperti cat dinding, detergen, parfum, deodorant.
  • Melakukan olahraga dengan berlebihan
  • Faktor emosi dan stres
  • Dan faktor hormon disaat akan datang menstruasi terutama pada wanita

Baca Juga : Obat Alami Penderita Asma

Penyakit asma sering kita temui  terhadap orang yang berada di sekitar kita. Misalnya teman, saudara dan orang lain yang mungkin anda kenal. Penyakit ini sangat menyiksa penderitanya karena si penderita kesulitan untuk bernafas secara normal. Bagi yang baru melihat orang yang sedang kambuh penyakit asmanya, mungkin akan kebingungan cara mengatasinya. Maka dari itu perlu dipelajari lebih lajut tentang penyakit asma agar kita memiliki pengatahuan lebih jauh tentang penyakit ini.

Penderita penyakit asma biasanya memiliki saluran pernafasan yang sangat sensifit terhadap sesuatu. Ama dapat terpicu misalnya terhadap udara dingin, debu, bulu binatan dan lain-lain yang mengakibatkan saluran nafas yang sensitif menjadi menyempit dan menyebabkan jalan keluar masuknya udara menjadi kurang lega. Penyakit ini bersifat sementara dan bisa menyerang siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Faktor Penyebab Penyakit Asma

Ada dua faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit asma, fakto ini bisa datang dari dalam maupun dari luar. Sebenarnya penyebab penyakit ini belum diketahui belum pasti, namun ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit asma.

Faktor dari Dalam

1. Penyakit Turunan
Penyakit asma merupakan penyakit turunan, misalnya jika anda mengetahui teman atau siap saja yang mengidap penyakit asma, bisa dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

Faktor dari Luar

1.Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika memiliki penyakit ini dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih mudah terpicu sehingga bagi anda yang mengidap penyakit ini seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar anda. Misalnya saja, anak-anak yang memiliki penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain hewan-hewan seperti kucing, atau hewan lain yang memiliki bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang memiliki bulu halus seperti hewan yang saya sebutkan tadi.

2.Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa makanan yang sangat buruk dan tidak disarankan untuk pengidap penyakit asma yaitu makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet, minuman yang bersifat dingin.

3.Udara Dingin
Udara dingin merupakan salah satu pemicu penyakit asma. Misalnya saja, AC ruangan yang terlalu dingin juga dapat memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit ini.

Gejala Penyakit Asma

Penyakit ini membuat para penderitanya sangat tidak nyaman, selain itu orang yang melihat ketika penyakit ini kambuh akan merasakan panik. Berikut ini adalah beberapa gejala asma ketika menyerang.

  • Ketika bernafas terdapat bunyi lenguhan
  • Nafas Pendek
  • Terasa sesak ketika bernafas karena penyempitan saluran nafas
  • Hal itu sering terjadi ketika cuaca dingin
  • Susah bernafas, biasanya terjadi ketika malam hingga menjelang pagi

Dengan mengetahui gejala dari penyakit ini diharapkan para pengidap penyakit ini bisa lebih menyadari tentang hal-hal yang memicu terjadinya asma. Anda juga dapat menulis tempat, waktu dan hal yang menyebabkan penyakit asma terpicu sehingga nantinya bisa lebih waspada. Bawalah selalu alat yang dapat membantu anda untuk mengatasi penyakit ini bila sewaktu-waktu kambuh.

Alat ini sering disebut inhaler (obat semprot). Anda juga dapat memprediksi kambuhnya penyakit ini menggunakan alat yang bernama peak flow meter. Sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter pernafasan sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir jika kambuh. Selain cara-cara menghindari dan mengobatinya menggunakan cara diatas, anda juga bisa mengobatinya dengan cara trandisional sebagai berikut ini.


TAGS penyakit asma dan pengobatannya penyakit asma bronkial penyakit asma pada anak penyakit asma dan pencegahannya penyakit asma pdf penyakit asma akibat pencemaran udara ciri ciri penyakit asma penyebab penyakit asma penyakit asma asma faktor penyebab asma faktor penyebab penyakit asma pengobatan penyakit asma pengobatan alami penyakit asma obat asma obat alami asma obat tradisional asma obat penyakit asma obat alami penyakit asma


-

Author

Follow Me

Search

Tentang Kami Nani Herbal